Pages

Kamis, 14 Juni 2012

faktor penyebab seseorang memakai narkoba


FAKTOR PENYEBAB SESEORANG MENGGUNAKAN NARKOBA DAN BAHAYANYA NARKOBA BAGI KESEHATAN MANUSIA.


Narkoba adalah singkatan dari narkotika dan obat/bahan berbahaya. Istilah narkoba mengacu pada sekelompok zat yang umumnya mempunyai resiko kecanduan bagi para penggunanya.
Efek narkoba itu sangat banyak sekali, beberapa diantaranya adalah orang yang menggunakan narkoba dapat kecanduan atau ketagihan. Semua perilaku penyalahgunaan narkoba mendorong otak untuk memproduksi efek euforis. Bagaimanapun, beberapa jenis psikotropika memberikan dampak yang sangat negatif pada otak seperti stroke, dan kerusakan otak secara meluas yang dapat melumpuhkan segala aspek kehidupan pecandunya. Penggunaan narkoba juga dapat mengakibatkan perubahan fungsi otak sehingga menimbulkan permasalahan ingatan, permasalahan konsentrasi serta ketidakmampuan dalam mengambil keputusan. Penyalahgunaan narkoba yang sudah sampai pada level kronis dapat mengakibatkan perubahan jangka panjang dalam sel-sel otak, yang mendorong terjadinya paranoia, depresi, agresi dan halusinasi.
Penyalahgunaan narkoba juga dapat mengganggu produksi hormon didalam tubuh secara normal yang mengakibatkan kerusakan yang dapat dipulihkan sekaligus juga yang tidak dapat dipulihkan kembali. Semua perusakan ini meliputi kemandulan dan penyusutan testikel pada pria. Sebagaimana juga efek maskulinasi yang terjadi pada wanita.
Ciri fisik seorang pemakai narkoba biasanya mata mereka merah dan terlihat cekung seperti orang kurang tidur, bibir mereka akan berwarna kecoklatan dan bahkan daya tahan tubuh mereka akan menurun drastis. Ketika daya tahan tubuh mereka menurun, mereka akan mudah sekali terserang virus penyakit. Wajah dan tubuh mereka akan menjadi kurus kering dan kurang bergairah.

Tanda-tanda dini anak yang telah menggunakan narkoba dapat dilihat dari beberapa hal, antara lain =
1. Mereka akan menjadi pemurung dan penyendiri.
2. Wajah kelihatan pucat dan kuyu.
3. Matanya berair dan tangannya suka gemetaran.
4. Nafasnya tersengal dan kurang tidur.
5. Badannya lesu dan sering kelihatan gelisah.
6. Mereka akan menjadi mudah tersinggung dan mudah marah.

Setiap orang yang menyalahgunakan zat-zat terlarang pasti memiliki alasan kenapa mereka dapat terjebak masuk kedalam perangkap narkoba atau zat adiktif.

Berikut dibawah ini adalah faktor penyebat kenapa seseorang menjadi pecandu narkoba =

1. COBA-COBA
Dengan merasa tertarik dengan efek yang ditimbulkan oleh suatu zat yang dilarang, seseorang dapat memiliki rasa ingin tahu yang kuat untuk mencoba nikmatnya zat terlarang tersebut. Tanpa disadari oleh pengguna yang awalnya coba-coba itu dia akan menjadi ketagihan dan akan melakukanya lagi berulang-ulang tanpa bisa berhenti.

2. IKUT-IKUTAN
Orang yang sudah menjadi korban narkoba mungkin akan berusaha mengajak orang lain yang belum terkontaminasi narkoba agar ikut merasakan penderitaan yang dirasakannya. Pengedar dan pemakai pertama biasanya akan memberikan secara gratis barang haram itu sebagai perkenalan, tapi pada akhirnya dia akan mulai meminta bayaran setelah si korban menjadi ketagihan pada barang haram itu. Seseorang yang melihat orang lain lagi asyik pakai zat terlarang bisa jadi akan mencoba mengikuti gaya pemakai tersebut termasuk menyalah gunakan tempat umum untuk menikmati zat terlarang tersebut.

3. UNTUK MELUPAKAN MASALAH
Orang yang dirundung banyak masalah dan ingin lari dari masalah dapat terjerumus dalam pangkuan narkoba, mereka berniat lari dari masalah meskipun cuma sesaat. Zat terlarang dapat membantu seseorang untuk melupakan masalah dan mengejar kenikmatan dengan jalan menggunakan narkoba yang menyebabkan halusinasi / khayalan yang menyenangkan.

4. GAYA
Zat terlarang jenis tertentu dapat membuat pemakainya lebih berani, keren, percaya diri, kreatif, santai dan lain sebagainya. Jelas bagi orang yang ingin disebut gaul oleh golongan atau kelompok itu dia harus memakai zat setan tersebut.
Sumber : http://dim4sjaka.blogspot.com/2008/09/efek-dan-bahaya-narkoba_09.html

0 komentar:

Poskan Komentar